Sunday 17 August 2014

Hardware Komputer - Perangkat Keras Komputer

Insinyur Komputer - Hardware Komputer sering kita kenal sebagai Perangkat Komputer adalah komponen fisik komputer atau komponen yang dapat disentuh. Satu per-satu perangkat ini dirakit dan di hubungkan hingga menjadi satu kesatuan yang membentuk sebuah PC ( Personal Komputer ).

PC yang telah dirakit menjadi utuh yang di bungkus dengan casing luar yang didalamnya ada beberapa komponen utama komputer agar komputer itu berjalan sesuai fungsinya. Ada komponen yang dapat membuatu komputer itu sendiri cepat, ada yang berfungsi untuk tampilan layar, penyimpanan data, dan berbagai komponen utama lainnya.

Hardware Komputer atau Perangkat Keras Komputer pada umumnya yaitu :

Motherboard ( Papan Utama )

Komponen induk komputer yang menggerakkan komputer nantinya. Komponen ini adalah pusat dimana semua komponen akan di hubungkan. Kompunen ini berbentuk persegi atau persegi panjang yang terdapat banyak komponen kecil serta port dan slot agar komponen lainnya dapat di hubungkan dan dapat menjalankan komputer.

Processor ( Central Processing Unit - CPU )
Processor biasanya dikenal sebagai otak dari sebuah komputer, yang berfungsi sebagai pemroses data, perhitungan, dan semua perintah dari pengguna. Processor biasanya juga telah dilengkapi dengan GPU ( Graphic Processing Unit ) yang berkaitan dengan CPU, sebagai pengolah tampilan grafis. Akibat beban dari pemrosesan yang terlalu berat, CPU telah dilengkapi dengan kipas dan casing yang biasanya di kenal sebagai Fan dan Heatsink.

Random Access Memory ( RAM )
RAM juga termasuk memory yang berfungsi sebagai persinggahan semua proses yang telah diperintah oleh CPU. RAM memang termasuk memory, tapi RAM tidak menyimpan data secara permanen, RAM hanyalah tempat persinggahan proses CPU yang telah diperintahkan. Kapasitas RAM pada zaman ini umumnya mulai dari 265 Mb - 16 Gb, dan RAM memiliki typenya masing masing seperti DDR ( Double Data Rate )

Video Graphic Array ( VGA )
VGA berfungsi sebagai penghubung grafis pengiriman data grafis PC ke perangkat outpun display yaitu monitor. Biasanya PC menggunakan VGA terpisah yang dapat dipasang di slot Motherboard sebagai penghubungnya. Tetapi adajuga PC yang telah terintegrasi atau tertanam pada Motherboard sehingga tidak perlu menggunakan VGA eksternal lagi untuk mengirimkan data display ke layar monitor.

Hard Disk Drive ( HDD )
Hard disk yaitu alat penyimpanan permanen yang berfungsi sebagai penyimpanan utama dalam sebuah Komputer. Semua dara Komputer yang berupa sistem operasi, aplikasi, data, dokumen, musik, dan data lainnya bisa disimpan pada hard disk. HDD masih bekerja menggunakan optik sebagai alat transfer data, tapi pada perkembangannya alat penyimpanan bermedia optik telah berkembang menjadi SSD ( Solid State Drive ). Fungsi SSD dan HDD sama persis, perbedaannya hanyalah menggunakan media transfer chip seperti yang ada pada RAM, sehingga SSD memiliki daya transfer yang tinggi dan ketahanan yang kuat.

Power Supply Unit ( PSU )
Power Supply berfungsi untuk pengkonversi arus AC ke DC ataupun dari arus PLN ke sumber energi listrik yang biasa di gunakan untuk elektronik. PSU biasanya di letakan di belakang atas casing, PSU juga di lengkapi dengan kipas untuk mengurangi panas yang terjadi akibat proses kerja PSU itu sendiri.

Optical Disc Drive ( CD / DVD )
Optical Disc Drive biasanya dikenal sebagai CD atau DVD room yang berfungsi sebagai alat pembaca media penyimpanan cakram ( disc / kaset ). CD biasanya hanya dapat memutar cakram yang berjenis CD saja, sedangkan DVD biasanya dapat memutar kedua cakram yaitu cakram CD dan cakram DVD.


Perangkat diatas adalah perangkat yang ada di dalam casing komputer, perangkat keras ( Hardware ) lainnya  juga ada yang terdapat di luar komputer, yaitu :

Monitor
Monitor berfungsi untuk menampilkan transmisi data yang telah ditransfer oleh VGA yang menampilkan gambar grafis sebagai tampilan untuk pengguna komputer. Monitor biasanya berbentuk persegi atau persegi panjang yang bentuknya hampir sama dengan televisi, bedanya apabila televisi dapat menampilkan grafis dengan resolusi yang lebih tinggi.


Keyboard dan Mouse
Keyboard dan Mouse adalah alat input yang berfungsi untuk memerintahkan perintak menulis, menghitung, dan menggerakkan objeck yang ada pada tampilan komputer. Ukuran dan bentuk dari alat ini bermacam macam, tetapi alat ini tetap memiliki fungsi yang sama.




Ada juga perangkat keras yang dapat membantu kerja pengguna komputer dapat lebih mudah seperti dapat mencetak ( print), menstabilkan arus agar komputer lebih awet, mengkoneksi internet, berfoto mendengan music ( speaker ) dan alat alat pendukung lainnya.


No comments:

Post a Comment