Friday 22 August 2014

Software Komputer - Perangkat Lunak Komputer

Insinyur Komputer - Software Komputer, biasa di sebut Perangkat Lunak Komputer yang berfungsi untuk mengoperasikan komputer setelah komputer telah dirakit. Softwaren sangat berbeda dengan Hardware yaitu karena Software tidak bisa disentuh seperti Hardware, Software hanya bisa dioperasikan untuk mengontrol dan memperkerjakan komputer.

Software Komputer adalah kumpulan data elektronik yang telah diolah dan disimpan berupa file, berkas maupun program aplikasi maupun intruksi atau perintah bahkan sistem operasi yang dapat mengontrol komputer.


Berbeda dengan Hardware yang memiliki banyak bentuk serta memiliki kegunaan yang berbeda juga, Software hanya terbagi dengan beberapa pengelompokan Software yang menunjukkan kegunaan umum dari Software itu sendiri. Berikut beberapa jenis pengelompokan Software :

Open Source ( Perangkat Lunak Bebas )

Open Source adalah jenis perangkat lunak yang semua struktur isinya terbuka,jadi perangkat lunak ini bisa di gunakan, pelajari, ubah serta diperbaharui lalu disebarluaskan. Open Source biasanya dibuat oleh satu orang atau instansi yang bertujuan untuk membuat perangkat lunak itu sendiri berkembang dengan semestinya, tetapi orang tersebut membeli hak kepada semua orang yang ingin mengembangkannya, tetapi semua itu dapat dilakukan apabila sipengembang mengikuti prosedur yang telah diberikan oleh pembuat pertamanya.

Shareware ( Perangkat Lunak Trial )

Shareware adalah perangkat lunak yang disediakan untuk pengguna menguji sebelum membeli. Perangkat Lunak ini secara gratis memberi hak akses stadart pada pengguna dengan limit waktu yang telah di tentukan. Apabila pengguna ingin menggunakan hak lebih, pengguna itu dapat membayar dan mendapatkan hak lebih atas kegunaan perangkat lunak itu. Apabila jangka waktu yang telah diberi telah habis pengguna juga harus membayar untuk menggunakan software itu lagi, dan apabila tidak, sofware itu akan tetap ada, tetapi tidak dapat digunakan lagi seperti biasanya.

Firmware ( Perangkat Lunak Menetap )

Firmware adalah salah satu perangkat lunak yang tersimpan di Memori. Memori yang digunakan firmware adalah memori yang hanya dapat membaca, bukan memori akses acak, lalu firmware disimpan di memori kekal agar dapat digunakan nantinya. Jadi firmware dapat dimodifikasi jika ROM mendukung, apabila perangkat kekal yang disimpan di ROM tidak dapat diubah, firmware tidak dapat diubah, tetapi jika ROM yang dapat diubah, firmware dapat diubah.

Malware ( Perangkat Lunak Perusak )

Malware adalah perangkat lunak yang dibuat untuk merusak, biasanya malware dibuat untuk merusak sistem kerja komputer, jaringan tanpa izin dari pemilik. Malware terkenal dengan istilah " Virus Komputer " yang sebenarnya dibuat untuk menjinakan kerusakan sistem akibat kelalaian pengguna yang tiadk mengerti tetapi mengubah struktur isi komputer. Tetapi sebagian orang yang mengerti tentang Software membuat sengaja malware untuk kepentingan pribadi, seperti mengintai, mencuri, bahkan menyadap dan merusak.

Freeware ( Perangkat Lunak Gratis )

Freeware adalah perangkat lunak yang diciptakan cuma cuma, atau diciptakan untuk digunakan secara sukarela ( gratis ). Freeware biasanya dibuat dengan beberapa ketentuan pemakaian produk yang harus kita penuhi agar kita bisa menggunakannya.

No comments:

Post a Comment