Tuesday 26 August 2014

Desain Web

Insinyur Komputer - Desain Web atau terkenal dengan nama Pearngcang Web, Web Design, Situs Web serta nama lainnya. Desain Web adalah sejumlah isi web konten yang di tampilkan. Web konten nantinya akan menjadi halaman web yang memiliki topik saling terkait, biasanya berisikan berkas, gambar, file, vidio, foto, atau jenis dokumen lainnya.


Setelah semua terangkai dan menjadi satu situs, Web dikirim ke pengguna melalui WWW ( World Wide Web ), dengan menggunakan sebuah Browser ( Mozilla, Chrome, dsb ) atau perangkat lunak berbasis web lainnya. Halaman itu ditempatkan pada server web yang dapat diakses memalui jaringan LAN, maupun Internet melalui alamat web yang biasa dikenal sebagai URL ( Uniform Resource Locator ).

Sebuah web dapat berdiri karena adanya elemen - elemen yang dibuat dan diletakkan menggunakan tag - tag HTML, XHTML, XML. Halaman web dapat berupa halaman statis, maupun dinamis yang diprogram sedemikian rupa agar membuat halaman web, konten, dan tampilan yang menarik, dan sesuai keinginan. Data yang tersetruktur diweb biasanya dimasukkan kedalam Database yang dapat membuat data itu terhubung dengan web. Berikut beberapa bahasa pemrograman web dan platform yang biasa digunakan :
  1. Bahasa Mark - up ( HTML, XHTML, dan XML )
  2. Server - side scripting ( PHP san ASP )
  3. Client - side scripting ( JavaScript dan VBScript)
  4. Gaya lembar bahasa ( CSS dan XSL )
  5. Teknologi Multimedia ( Flash dan Silverlight )
  6. Teknologi Database ( MySQL dan PostgreSQL )
Masih banyak teknologi website yang baru dan sedang berkembang, teknologi itu bukan hanya disatu sisi saja, tetapi disemua sisi bidang web yang dapat membuat dunia web semakin unggul. Teknologi web yang paling banyak berkembang adalah teknologi pemrograman web, yang mencangkup tag - tag, kode - kode, dan bahasa pemrograman web. Tetapi teknologi database serta teknologi lainnya juga berkembang sehingga akan lebih efektif jika kita mepelajari teknologi web baru seperti HTML5 dan CSS3.

No comments:

Post a Comment