Saturday 23 August 2014

Komputer - Cara Kerja dan Pengelolaan

Insinyur Komputer - Cara Kerja dan Pengelolaan komputer adalah salah satu bagian yang takpernah lepas dari sistem kerja dan pembagian proses kerja komputer. Cara Kerja komputer takpernah berubah, begitu juga dengan pengelolaannya.

Secara Umum, cara kerja komputer seperti bagan dibawah ini :


Dari bagan diatas dapat disimpulkan bahwa cara kerja komputer dimulai dari input data yaitu memasukkan data, data di proses ataupun diolah dikomputer sebagai medianya. Setelah data tersebut siap diolah, data itu bisa disimpan ataupun dikeluarkan misalkan diprint dan sebagainya. Sementara itu, perangkat komputer dapat dibagi kedalam tiga bagian, yaitu :
1. Hardware - Perangkat Keras
2. Software  - Perangkat Lunak
3. Brainware - Pengguna

Pengelolaan Komputer

Pengelolaan Komputer biasanya dilihat berdasarkan data yang diolah, yaitu :

Komputer Analog
Komputer Analog memiliki data yang tidak berbentuk angka melainkan berbentuk fisik. Output dari komputer analog berupa pengaturan atau pengontrolan. Sifat dari komputer analog yaitu continue ( terus - menerus )

Komputer Digital
Komputer Digital memiliki data dalam bentuk angka maupun huruf, yang memiliki sifat continue ( terus - menerus )

Komputer Hybrid
Komputer Hybrid adalah gabungan dari komputer digital dan komputer analog. Komputer Hybrid biasanya hanya digunakan untuk kepentinagan khusus karena komputer ini memiliki kemampuan yang lebih cepat dari komputer lainnya.


Penggunaan Komputer

General Purpose - Umum
General Purpose adalah komputer dengan kegunaan standart, yaitu komputer yang biasanya digunakan secara umum, misalnya untuk mengetik, pengelola grafis, pengelola data base, pengelola program, dan kegunaan umum lainnya.

Special Purpose - Khusus
Special Purpose adalah komputer dengan kegunaan special, yaitu komputer yang biasa digunakan secara khusus, misalnya untuk PC router, Server, Terminal dan kegunaan khusus lainnya.

No comments:

Post a Comment