Tuesday 12 August 2014

Komputer

Insinyur Komputer - Beberapa orang mungkin masih salah mengefinisikan apa itu Komputer, fungsi dan kegunaannya. Jadi kali ini kita akan membahan tentang apa itu komputer.

Pengertian Komputer, Komputer adalah alat yang digunakan untuk mengolah data. Komputer berasal dari kata computer yang memiliki arti perhitungan artimarika ( metematika ) dengan alat bantu maupun tidak. Pada zaman perkembangannya pertama, komputer hanya digunakan untuk menghitung ataupun mengolah data matematika, tetapi dengan perkembangan teknologi serta keperluan modern pada zaman sekarang. Komputer juga digunakan untuk mengolah kata seperti membuat artikel, tugas kantor dengan cara mengetikkannya dan menjadikannya sebuah file nantinya.

Komputer berfungsi untuk membantu pekerjaan manusia yang meliputi penulisan serta perhitungan. Banyak orang yang memungsikan komputer dengan pekerjaannya misalkan Penulis, Programer, dan Pegawai Negeri maupun Swasta. Maanfaat bagi mereka tentunya dapat mempermudah pekerjaannya, adapun manfaat komputer lainnya seperti sarana hiburan, usaha, dan lain sebagainya.
  1. Komputer sebagai Sarana Pekerjaan

    Komputer sebagai sarana pekerjaan dimana komputer itu sendiri dapat mempermudah seseorang bekerja, misalkan dulu seorang penulis menggunakan bolpion ataupun mesin tik untuk menulis tetapi dengan adanya komputer penulis itu dapat menulis dengan menggunakan komputer.

  2. Komputer sebagai Sarana Pendidikan

    Dengan adanya komputer seseorang dapat dengan mudah belajar mengajar, membahas sesuatu dan membagikannya ke teman dan orang yang belum dikenal. Sarana pendidikan komputer bisa didapatkan memalui Artikel, Buku, Informasi, dan bahkan Berita. Semua hal yang menyangkut tentang informasi kebaikan tentunya akan menjadi bahan pelajaran yang bersangkutan dengan pendidikan.
  3. Komputer sebagai Sarana Komunikasi

    Bukan hanya dapat membantu pekerjaan, Komputer juga dapat menjadi sarana komunikasi, dan bahkan di beberapa Negara komputer termasuk sarana komunikasi pertama yang lebih di andalkan dari pada sarana komunikasi lainnya. Sarana komunikasi komputer melalui E-Mail, Chating, Video, Wabcam, dan juga jejaring sosial yang dapat menghubungkan semua pengguna yang nantinya dapat saling berinteraksi satu sama lain.
  4. Komputer sebagai Sarana Hiburan

    Sarana hiburan adalah sarana yang utama bagi semua orang yang telah terlalu jenuh dengan fikiran dan pekerjaannya. Sarana ini bisa di dapatkan di tempat rekreasi, serta menyalurkan hobi. komputer juga termasuk sarana hiburan karena dengan komputer seseorang dapat bermain game, mendengar music, menonton TV ataupun Video yang ada di internet bahkan CD atau DVD.
  5. Komputer sebagai Sarana Usaha

    Diatas kita telah membahas bahwa komputer dapat mempermudah pekerjaan manusia, dengan kata lain komputer juga sarana bagus yang dapat menjadikan peluan usaha. Dengan komputer dan pengguna yang mahir dibidangnya, komputer dapat menjadi sarana usaha, misalkan seseorang dapat membuat, mengedit foto ataupun video, orang tersebut bisa membuka usaha percetakan.
Dengan penggunaan yang buruk, komputer dapat berdampak negatif bagi pengguna. Penggunaan yang berlebihan terhadap anak - anak yang terlalu sering bermain game ataupun chating, itu akan berdampak pada Pendidikan anak itu sendiri. Dengan adanya kemahiran seseorang mengedit foto tetapi penggunaannya salah, orang tersebut dapat melanggar hak atas karya cipta orang lain.

No comments:

Post a Comment